ADs

Tugas Pertama

Tutorial Cara Membuat Database Menggunakan Xampp

1. Pertama buka aplikasi Xampp terlebih dahulu, caranya dengan “double klik” pada shortcut Xampp pada desktop computer anda. Jika tidak terdapat di desktop cara mencarinya dengan menuliskan “Xampp” pada menu start lalu tekan “Enter”


2. Setelah membuka aplikasi “Xampp” klik tombol “Start” pada bagian “Apache” dan “MySQL”

3. Karena saya menggunkan Xampp versi  1.8.1 jadi saya tidak perlu membuka “cmd”  jadi saya langsung menggunakan menu “Shell”

4. Setelah membuka “Shell” lalu ketikkan “mysql  –u root” pada “Shell” tersebut

5. Lalu saya akan memulai mebuat database, nama database yang akan saya buat adalah
“kebutuhan_pangan” setelah itu kita masukkan script : create database kebutuhan_pangan;

6. Setelah membuat database, saya akan melihat database yang telah saya buat. Caranya dengan menuliskan script : show databases;

7. Setelah melihat database yang saya buat , saya akan menggunakan database yang telah saya buat. Caranya dengan menuliskan script : use kebutuhan_pangan;

8. Setelah itu saya akan membuat tabel pada database yang sudah saya buat. Saya ingin membuat tabel dengan nama tabel “tabel_minum_kopi” dengan perincian tabel sebagai berikut :
a.    nama_kopi varchar (20)
b.    waktu_minum_1 varchar (30)
c.    waktu_minum_2 varchar (30)
d.    konsumsi_perbulan int (10)
Caranya dengan menuliskan script : CREATE TABLE tabel_minum_kopi
(
nama_kopi varchar (20),
waktu_minum_1 varchar (30),
waktu_minum_2 varchar (30),
konsumsi_perbulan int (10)
);

9. Setelah itu saya akan melihat tabel yang sudah saya buat tadi. Caranya menuliskan script : show tables;

10. Setelah melihat tabel yang sudah saya buat, saya akan menambahkan isi untuk tabel yang sudah saya buat tadi. Caranya dengan menuliskan script :
insert into tabel_minum_kopi
(
nama_kopi,
waktu_minum_1,
waktu_minum_2,
konsumsi_perbulan
)
values
(
'ABC',
'rabu',
'sabtu',
'4'
);

11. Dan terakhir saya ingin melihat tabel yang sudah saya isi tadi. Caranya dengan menuliskan script : select * from tabel_minum_kopi;

Sekian postingan dari saya ini. Kurang lebihnya saya minta maaf. Semoga bermanfaat bagi anda semua :)

0 komentar: