ADs

Tugas 5 (Manipulasi Tabel)

Untuk melakukan perintah-perintah dibawah ini, anda harus memiliki database dan tabel didalam MySQL. Berikut adalah tabel yang saya gunakan:


1. Klausa Change
Klausa change berfungsi untuk mengganti nama kolom, tipe data kolom, key kolom, maupun length dalam kolom. Berikut adalah perintahnya:
"alter table daftar_guru_paling_pagi change column mengajar_jam_ke  jam_ajar_guru int;"


Pada kasus ini saya mengganti nama kolom 'daftar_guru_paling_pagi' menjadi 'jam_ajar_guru' dan mengubah type data menjadi int.

2. Klausa Modify
Klausa Modify berfungsi untuk mengubah tipe data pada sebuah kolom. Berikut adalah perintahnya :
"alter table daftar_guru_paling_pagi modify column nama_guru varchar(25); "


Pada kasus ini saya mengganti length kolom menjadi 25.

3. Klausa Rename
Klausa rename berfungsi untuk mengganti nama tabel. Berikut adalah perintahnya:
"alter table daftar_guru_paling_pagi rename to daftar_disiplin_guru;"




Pada kasus ini saya mengubah nama tabel menjadi daftar_disiplin_guru.

Untuk MySQL, perintah rename hanya berlaku untuk mengganti nama tabel. Sedangkan pada Oracle rename dapat digunakan untuk mengubah nama kolom. 

4. Klausa Drop
Klausa Drop berfungsi untuk menghapus kolom pada tabel, menghapus tabel, maupun menghapus database itu sendiri. Berikut adalah perintahnya:
 "alter table daftar_disiplin_guru drop column jam_ajar_guru;"




Pada kasus ini saya menghapus kolom jam_ajar_guru dari tabel daftar_disiplin_guru.

0 komentar: